Yang Dilakukan Ketika Diare

Selasa, 19 Februari 2019 | Kesehatan
Yang Dilakukan Ketika Diare
Yang Dilakukan Ketika Diare - Diare adalah gangguan pencernaan yang ditandai dengan mengubah bentuk dan konsistensi tinja yang lembut untuk cair, dan peningkatan frekuensi buang air besar dari biasanya, tiga kali sehari.

Meskipun masalah diare kesehatan umum, terutama pada anak-anak, namun penyakit ini masih merupakan salah satu masalah kesehatan di Indonesia. Di dunia, diare yang disebabkan 1,5 juta kematian setiap tahunnya, terutama di kalangan anak-anak.

Baca Juga : Madu Anak Gemuk

Selain perubahan konsistensi tinja dan frekuensi buang air besar, diare mungkin juga disertai dengan gejala lain seperti demam, mual, muntah, kehilangan nafsu makan dan dehidrasi. Yang menyebabkan diare tergantung pada durasi diare yang berlangsung, jika kurang dari dua minggu (diare akut) atau lebih dari dua minggu (diare kronis).

Kemungkinan penyebab diare akut pada anak adalah:

  • Infeksi saluran pencernaan. Virus adalah penyebab paling umum diare pada anak, tetapi juga dapat disebabkan oleh infeksi bakteri atau parasit.
  • Keracunan makanan
  • Penggunaan antibiotik
  • Alergi makanan

Diare kronis biasanya disebabkan oleh:


  • Faktor makanan, seperti intoleransi makanan
  • Infeksi parasit
  • Inflammatory bowel disease (penyakit iritasi usus)


Yang paling umum pada anak-anak yang menderita diare akut yang disebabkan oleh virus. Apa yang dapat dilakukan sebagai pertolongan pertama saat anak mengalami diare?

Jangan panik dan tidak perlu buru-buru ke rumah sakit. Pengobatan difokuskan pada penyediaan rehidrasi dengan cairan dan elektrolit untuk mencegah dehidrasi.

Tetap Berikan Makan dan Minum

Jika anak masih menyusui, dan terus memberikan ASI padanya. ASI harus diberikan lebih sering dari biasanya untuk menggantikan cairan yang hilang dengan diare pada anak-anak. Ketika anak tidak lagi menyusui, memberi nutrisi nya.

Ini adalah cairan pengganti yang baik, tapi tidak mengandung garam dan elektrolit, sehingga memberikan bentuk air cair tidak cukup. Anda dapat membantu mempertahankan tingkat elektrolit dalam tubuh seorang anak yang mengalami diare dengan memberikan makanan bergizi seperti sup dan jus untuk natrium dan kalium.

Oralit / Larutan Gula dan Garam

Untuk menggantikan cairan yang hilang melalui diare, Anda juga dapat memberikan larutan gula dan garam mudah dibuat di rumah. Caranya, dilarutkan dalam satu liter air dengan enam sendok teh gula dicampur dengan setengah sendok teh garam. Anda juga dapat memberikan oralit di tempat ini sangat mudah diperoleh. Solusi ini memberikan setiap kali buang air besar anak.

Jika anak Anda telah diare disertai muntah, mulai makan sedikit cair dengan sedikit: satu sendok teh (5 ml) selama lima menit, maka Anda dapat meningkatkan jumlah perlahan. Setelah itu, jika anak benar-benar tidak ada muntah, cairan tidak perlu dibatasi.

Dengan kesabaran dan dorongan, kebanyakan anak-anak mendapatkan cairan yang cukup tanpa perlu cairan intravena. Namun, anak-anak dengan diare dan dehidrasi berat mungkin memerlukan cairan infus.

www.nutrinextlastabumin.com

Sakit perut Anak, sakit perut anak sebelah kiri, sakit perut anak 2 tahun, sakit perut anak 3 tahun, sakit perut anak pada malam hari, sakit perut anak usia 3 tahun, sakit perut anak disertai muntah, sakit perut anak malam hari, sakit perut anak usia 2 tahun, sakit perut anak umur 3 tahun, sakit perut anak kecil, sakit perut anak balita, sakit perut anak usia 5 tahun, sakit perut anak disertai demam, sakit perut anak bagian kiri, sakit perut anak hilang timbul, sakit perut anak di pusar, sakit perut anak tak kunjung sembuh, sakit perut anak sebelah kanan, sakit perut anak 6 tahun, sakit perut anak diatas pusar, sakit perut anak anak, sakit perut anak alodokter, sakit perut anak akibat, obat sakit perut anak alami, obat sakit perut anak anjing, obat sakit perut anak apotik, sakit perut pada anak apa obatnya, sakit perut bagian atas anak, sakit perut anak karena masuk angin, obat sakit perut anak di apotik, atasi sakit perut anak, obat sakit perut anak yang ampuh, obat sakit perut anak mencret alami, obat sakit perut anak paling ampuh, obat sakit perut anak anak, antibiotik untuk sakit perut anak,

  • Penyembuhan Bells Palsy Secara Ampuh

    Penyembuhan Bells Palsy Secara Ampuh

    Pada pertemuan pertama, dokter menginstruksikan agar saya mengangkat kedua alis secara bersamaan. Kedua alis saya masih terlihat sama dan sejajar. Setelah itu, untuk sementara saya disarankan untuk minum obat yang…

  • Tips Liburan dengan Aman dan Sehat Nutrinext Kapsul

    Tips Liburan dengan Aman dan Sehat Nutrinext Kapsul

    Koropak.co.id - Berbicara mengenai travelling, kini aktivitas tersebut bukan lagi menjadi bagian dari gaya hidup seseorang, melainkan juga sudah menjadi suatu kebutuhan di era modern sekarang ini.

  • Ikan Gabus Mengandung Banyak Gizi Yang Bermanfaat Bagi Tubuh

    Ikan Gabus Mengandung Banyak Gizi Yang Bermanfaat Bagi Tubuh

    Ikan yang banyak ditemukan di danau, rawa rawa, sungai maupun sawah ini kaya akan albumin, jenis protein yang mempercepat penyembuhan pasca operasi dan melahirkan. Zat ini juga membantu pertumbuhan anak…

  • Resep Sirup Madu Untuk Redakan Batuk Pada Si Kecil

    Resep Sirup Madu Untuk Redakan Batuk Pada Si Kecil

    Madu sangat baik dalam mengobati batuk pada anak-anak. Yang mengejutkan, sifatnya yang lengket akan membantu tubuh menghilangkan lendir secara efektif. Ini bekerja dengan meningkatkan produksi air liur di mulut, yang…

  • Beragam Manfaat Daun Bidara

    Beragam Manfaat Daun Bidara

    Daun bidara merupakan salah satu tumbuhan yang banyak tumbuh di kawasan benua asia termasuk di indonesia yang sekarang sudah membudidayakannya,